Senin, 15 Januari 2024

PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN DAN PENGANGGURAN

 KONSEP,MASALAH,DAMPAK,DAN SOLUSI KETENAGAKERJAAN



 Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan ketenaga kerjaan pada waktu sebelum,selama dan sesudah masa kerja.

Pengertian Tenaga Kerja

Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan untuk guna menghasilkan barang/jasa baik untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun untuk masyarakat umum.Tenaga kerja dapat di bedakan menjadi berberapa jenis ,yaitu:

  • Tenaga kerja formal:tenaga kerja yang bekerja di sektor formal seperti pemerintah,perusahaan,kantor atau perusahaan resmi lainya.
  • Tenaga kerja informal:tenaga kerja yang bekerja di sektor informal seperti,pedagang kaki lima,tukang ojek,pekerja rumahan dan lainnya
  • Tenaga kerja terampil:tenaga kerja yang memiliki ketrampilan atau bakat yang khusus yang di peroleh melalui pendidikan formal ataupun non formal,seperti guru,dokter,tukang las dan lainnya.
  • Tenaga kerja tidak trampil:tenaga kerja yang tidak memiliki ketrampilan khusus atau yang hanya memiliki ketrampilan dasar seperti buruh bangunan/tukang bangunan,buruh tani atau pelayan cafe dan lainnya.
  • Tenaga kerja produktif:tenaga kerja yang  berada dalam usia produktif (15-64 tahun)dan mampu bekerja secara optimal atau bekerja secara aktif.
  • Tenaga kerja tidak produktif :tenaga kerja yang berada di luar usia produktif (di baah 15 thn ataupun di atas 64 tahun/lansia)atau tidak mampu bekerja secara optimal karen faktor fisik atau mental yang tidak mampu bekerja secara optimal

Masalah  Ketenagakerjaan di Indonesia
Indonesia sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk yang sangat besar untuk menghadapi berbagai masalah ketenagakerjaan yang perlu di atasi.beberapa permasalahan ketenagakerjaan yang sering terjadi di indonesia antaralain:
  • Penganguran:keadaan di mana seseorang yang mampu dan ingin bekerja tidak mendapatkan pekerjaan.Penganguran dapat di sebabkan oleh faktor pemerintah(kurangnya lapangan pekerjaan)atau faktor penawaran (tidak sesuai syarat atau kualifikasi tenaga kerja dengan kebutuhan pasar)
  • Kemiskinan:keadaan di mana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.kemiskinan dapat di sebabkan oleh tingginya biaya hidup,rendahnya pendapatan,ataupun ketidak adilan sosial.
  • Ketimpangan:keadaan dimana terdapat kesenjangfan akses atau kesempatan.Ketimpangan dapat di sebabkan oleh perbedaan kualitas pendidikan,infarastruktur, kesehatan,ataupun kebijakan pemerintah.
  • Eksploitas:keadaan di mana seseorang mendapatkan perlakuan yang tidakadil atau merugikan dari pihak lainnya.Ekspolitasi dapat berupa upah rendah,jam kerjs yang pamjamhg,kondisi kerja yang buruk,pelecehan ataupun perbudakan.
  • Migrasi:keadaan di mana seseorang pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari pekerjaan.migrasi dapat bersifat internal(di dalam negri)atau eksternal(luar negri).migrasi daoat memberikan manfaat seperti meningkatkan pendapatan memperluas wawasan .namun migrasi juga dapat menimbulkan masalah konflik sosial,budaya asing ,penipuan,ataupun perdagangan manusia


Dampak masalah ketenagakerjaan pada perekonomian
Masalah ketenagakerjaan tidak hanya berdampak pada individu ataupun kelompok tentu tetapi juga pada perekonomian secara keseliuruhan.beberapa dampak masalah ketenaga kerjaan pada perekonomian antara lain:menurunkan pertumbuhan ekonomi,menurunkan kesejahteraan masyarakat,menurunkan daya saing global.

Upaya Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan
Untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan,diperlukan upaya bersama dari berbagai pihak baik pemerintah swasta maupun masyarakat.beberapa upaya yang dapat di lakukan antara lain:meningfkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan meningkatkan kuantitas lapangan pekerjaan meningkatkan efisiensi alokasi tenaga kerja meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN DAN PENGANGGURAN

 KONSEP,MASALAH,DAMPAK,DAN SOLUSI KETENAGAKERJAAN  Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan ketenaga kerjaan pada waktu seb...